Pages

Selasa, 19 November 2013

Pemanfaatan Limbah Cairkopi Menjadi Makanan Nata de Coffe



Pada perusahaan kopi memiliki masalah pada hasil limbah cairkopi yang mengakibatkan :
1.    Terhambatnya mikroorganisme aerobik dalam menguraikan bahan organik di dalam tanah, karena kondisinya sudah anaerobik.
2.    Tingginya Biological Oxygen Demand dan Chemical Oxygen Demand di dalam tanah.
3.    Kurangnya pengetahuan masyarakat untuk pengelolaan limbah kopiKebiasaan masyarakat yang membuang limbah kopi begitu saja.

Masalah tersebut dapat mengakibatkan kerusakan ekosistem tanah.Sebenarnya para petani maupun perusahaan kopi belum memiliki solusi dalam menangani permasalahan tersebut. Untuk itu diperlukan alternatif yang dapat mengurangi permasalahan yang diatas, seperti ;
1.    Menambahkan mikroorganisme anaerobik dalam menguraikan limbah yang ditimbulkan.
2.    Melakukan penyuluhan kepada masyarakat tentang pengelolaan limbah buah kopi yang baik dan benarMenampung limbah buah kopi dalam suatu tempat dan dilakukan pembuatan kompos.
3.    Pemanfaatan limbah buah kopi menjadi makanan seperti nata de coffe
Pembuatan Makanan Nata de Coffe merupakan salah satu alternatif yang dapat menambah ekonomi petani kopi.
Cara Pembuatan
1.    Dipisahkan dan disaring limbah cair dari bagian yang tidak diperlukan, seperti tangkai daun, bagian yang busuk.Ke dalam limbah cair ditambahkan sukrosa (gula pasir) sebanyak 10% (b/v).
2.    Gula ditambahkan sambil dipanaskan, diaduk hingga homogen.Substrat disterilkan dengan cara dimasukkan dalam outoclave pada suhu 121 0C, tekanan 2 atm, selama 15 menit (atau didihkan selama 15 menit).
3.    Ditumbuhkan bibit Acetobacter xylinum ke dalam substrat pertumbuhan kultur tersebut untuk proses pembuatan nata selama 2 hari.
4.    Dilakukan fermentasi.

0 komentar :

Posting Komentar