Pages

Selasa, 05 November 2013

Pemanfaatan Limbah Ulang (Reuse)


Mengenai pemanfaatan limbah. Pemanfaatan limbah banyak jenisnya. Pemanfaatan limbah secara tidak langsung dan secara langsung. Kali ini, kita akan membahas pemanfaatan limbah langsun.


Pemanfaatan limbah langsung tanpa proses daur ulang disebut juga dengan pemanfaatan ulang (reuse). Jenis-jenis limbah seperti ini biasanya dapat dimanfaatkan secara langsung atau dikonversikan dengan produk lain seperti pangan, pakan, pupuk organik, dan sumber energi.


Pemanfaatan limbah seperti ini, lebih bersifat ramah lingkungan, jadi limbah yg tidak terpakai bisa langsung diolah. Tidak seperti limbah limbah biasanya yang bersifat tidak ramah lingkungan. Limbah seperti ini mudah teruarai, jadi tidak terbuang percuma . Berikut ini beberapa contoh pemanfaatn limbah yang ramh lingkungan dengan pemanfaatan ulang (reuse).




Contoh pemanfaatan limbah tanpa proses daur ulang atau dapat dimanfaatkan secara langsung yaitu sebagai berikut:


1. Limbah dari ternak belut atau kotoran belut dimanfaatkan secara langsung sebagai pakan itik dengan dikonversikan dengan bekatul atau pakan yang lain.


2. Limbah organik berupa sayuran (contoh: sawi, kubis, dan selada air) dimanfaatkan untuk makanan kelinci, kambing, ayam atau itik.


3. Kaleng bekas kue digunakan lagi untuk tempat makanan, botol selai bekas untuk tempat bumbu, dll.


4. Eceng gondok dapat dimanfaatkan untuk membuat barang kerajian, misalnya tas.

            Mungkin contoh diatas hanya sebagian kecil dalam pemanfaatan ulang limbah, masih banyak pemanfaatan ulang limbah yang bersifat ramah lingkungan, juga menguntungkan lingkungan kita. Jadi, biasakanlah mendaur ulang limbah yang masih bisa dipakai agar tidak terbuang dengan percuma dan hanya menyebabkan kerusakan lingkungan.









0 komentar :

Posting Komentar