Pages

Selasa, 05 November 2013

Prinsip Baku Dalam Go Green



Proses pemanfaatan limbah dapat dilakukan dengan beberapa cara yang tidaklah asing bagi kita yaitu :
  • Reduce, yaitu kegiatan/perilaku yang dapat mengurangi produksi sampah. Karena dengan meminimalisir hal tersebut akan dapat mengurangi sampah yang dihasilkannya. Gunakan satu barang hingga benar-benar habis. misalnya shampo yang tinggal sedikit dapat dihabiskan dengan cara diberi sedikit air. Kertas bekas catatan yang sudah tidak dipakai sebaiknya jangan dibuang atau dibakar, tapi bisa digunakan untuk keperluan lain, misalnya catatan telepon atau keperluan lainnya .
·         Reuse, yaitu Menggunakan kembali barang bekas tanpa pengolahan bahan, untuk tujuan yang sama atau berbeda. Menggunakan kembali barang-barang jauh lebih ramah lingkungan dibandingkan dengan mendaur ulangnya. Hal ini karena menggunakan ulang barang-barang sama sekali tidak memerlukan material tambahan sebelum item tersebut dapat digunakan lagi. Jadi, usahakan selalu untuk menggunakan barang-barang yang kita punya jika hal tersebut memungkinkan.
Berikut adalah beberapa tips dalam Reusing:
o    Perbaikan item rusak, sehingga mereka dapat digunakan lagi.
o    Atau kunjungi pasar loak atau toko yang menyediakan barang second hand, untuk membeli item yang telah digunakan bukannya yang baru! kita juga dapat menghemat uang  ketika kita melakukannya!
o    Membeli produk dengan kemasan yang dapat digunakan kembali, dan mengeksplorasi bagaimana kita dapat menggunakan kemasan ini secara kreatif (wadah plastik misalnya) untuk melayani keperluan kita sehingga tidak usah membeli item baru.
o    Cobalah untuk menggunakan lagi barang-barang lama kita. Misalnya, pakaian (terutama yang robek dan compang-camping) dapat diubah menjadi kain pel untuk membersihkan rumah, dan celana jeans dapat diubah menjadi tas buatan sendiri.
·         Recycle,  Yaitu,Kegiatan yang memanfaatkan barang bekas dengan cara mengolah materinya untuk digunakan lebih lanjut.
§  Komponen dalam prinsip yaitu Recycle “mendaur Ulang”. Banyak item di sekitar kita dapat didaur ulang, dan banyak tempat, sudah memiliki fasilitas dan sistem untuk barang-barang yang akan didaur ulang.
§  Daur ulang hanya menguntungkan planet ini asalkan ada permintaan untuk barang hasil daur ulang. Kampanye daur ulang, meskipun bermaksud baik, menyebabkan konsumen percaya bahwa selama mereka mengirim barang-barang mereka untuk didaur ulang, dunia akan menjadi tempat yang lebih hijau namun dalam kenyataannya, daur ulang hanyalah pilihan terakhir.


§  Mengurangi dan menggunakan kembali harus dilakukan terlebih dahulu! Selain itu, daur ulang barang-barang lama menjadi bahan untuk produk-produk baru tergantung pada pasar untuk produk ramah lingkungan yang ukuran pasarnya relatif masih kecil.
 Contoh : Kertas daur ulang dan kompos. 

Dengan makin maraknya industri besar yang berdiri serta kehidupan masyarakat yang tidak peduli terhadap lingkungan sekitarnya. Mulailah timbuh tumpukan limbah atau pun sampah yang tidak di buang sebagaimana mestinya. Hal ini berakibat pada kehidupan manusia di bumi yang menjadi tidak sehat sehingga menurunkan kualitas kehidupan terutama pada lingkungan sekitar.
         

1 komentar :

  1. Mohegan Sun - MOHEGAN SUN - WebHUB
    Mohegan Sun. 6:15 PM; 고양 출장샵 7 min walk; 8 min walk; Hotel; Casino; Sports 오산 출장마사지 Book; Entertainment · 속초 출장샵 More Info. 의왕 출장안마 Hours, Specials. Mon, Dec 13. Rating: 3 · ‎7 votes · ‎Price range: $$$How is Mohegan Sun rated?What days are 안성 출장마사지 Mohegan Sun open?

    BalasHapus