Pages

Selasa, 19 November 2013

Pemanfaatan Limbah Kertas Menjadi Hal Yang Lebih Berguna



·           Pengertian Limbah
Secara umum yang disebut limbah adalah bahan sisa yang dihasilkandari suatu kegiatan dan proses produksi, baik pada skala rumah tangga,industri,pertambangan, dan sebagainya. Bentuk limbah tersebut dapat berupa gas dan debu, cair atau padat.
·  Karakter Kertas bekas
Beberapa jenis kertasbekas yang bisa didaur ulang. Namun pendauran ulang kertas hanya bisa dilakukan maksimal 4 - 6 kali, mengingat serat-serat kertas akan semakin pendek setelah diproses sehingga memengaruhi kekuatan dan ikatan serat dalam kertas. Kertas yang bisa didaur ulang sangat beragam, namun dikelompokkan dalam
tiga kategori diantaranya:
1.     kertas buangan pabrik kertas,
2.     kertas limbah sebelum digunakan konsumen,
3.     kertas yang telah digunakan konsumen.
·    Jenis Kertas Bekas
Jenis kertas sangat beragam, mulai dari kertas bergelombang ( dus), kertas bekas koran, kertas bekas majalah, kertas bekas buku telepon, dan kertas bekaskantor/rumah tangga.Pengolahan kertas daur ulang bisa dengan cara sangatsederhana, yaitu kertas hanya diubah bentuknya tanpa perlakuan fisika dan kimia.Misalnya kertas digunakan untuk dekorasi. Kertas diremas lalu bentuk lipatanlipatannya dibentuk sesuai selera.Pengolahan kertas secara fisika dan kimia adalahmengolah kertas menjadi bubur kembali, lalu dicetak sesuai dengan keperluannyamengolah kertas menjadi bubur kembali, lalu dicetak sesuai dengan keperluannya,baik tipis ataupun tebal. Kertas yang dibuat ubur ini yang hanya bisa didaur ulang hingga 4 - 6 kali, karena serat-serat kertas akan terpotong oleh perlakuan fisika (dihancurkan).
·  Pengolahan Kertas Bekas
Di Indonesia, penggunaan kertas daur ulang untuk bahan baku industri kertas telah banyak dilakukan. bahan baku yang paling banyak di gunakan adalah diperoleh dari kertas bekas kosong, majalah, dan kertas tulis.Produk kertas daur ulang berupa jenis kertas seperti kertas kemasan atau kertas untuk industri, kertas cetak dan kertas tulis, tissue dn cetakan untuk media massa. Dalam jumlah terbatas, kertas dur ulang dapat juga digunakan untuk media tanaman
isolasi, box, produk kertas cetak (wadah telur, karton, baki makanan, dan pot tanaman).kertas daur ulang ini memilikibeberapa keterbatasan. produk yang dibuat dari proses ini tidak dapat digunkan untuk kemasan bahan kanan, karena kualitas kertasnya menurun dan dapat mudahterkontaminasi.Khusus untuk daur ulang kertas koran, diperlukan beberapa tambahan proseskimiawi untuk menghilangkan tinta yang ada pada kertas (de-ingking process).
Proses ini menggunakan sabun untuk menghilangkan tinta. Tinta tersebut masih
dapat dimanfaatkan untuk kondisi tanah (soil conditioner) . kemudian untuk
membuat kertas daur ulang yang baik dan dapat digunakan kembali sebagai bahan
pembuat koran, dierlukan modifikasi campuran kertas yang terdiri dari atas
campuran kertas koran bekas, majalah dan bubur kertas yang asli (virgin pulp) dari
bahan baku awal.
·Jenis Eksplorasi Kertas Koran Bekas
1.Pilin
Teknik yang di gunakan adalah dengan memilin
kertas koran bekas dan dirangkai menjadi
sebuah benda fungsional, kemudian diberi
warna yang sesuai.
     2.cetak Cetakan dibuat terlebih dahulu, dan
       bibentuk dengan menggunakan kertas
       yang sudah dalam bentuk cairan.
     3.Tempe Teknik yang digunakan
       disini adalah enempelnempel
       kertas, agar permukaan tebal, tanp adanya teknik khusus.
4.                
        Mix MaterialMaterial yang digunakan adalah kertas koran bekas dengan menggunakan resin dan pewarnaan hitam.

Sebaiknya mulai sekarang kalian tidak membuang kertas bekas karena benda yang dinilai sebagai sampah tersebut masih bermanfaat. Salah satunya bisa menjadi media pengganti tanah untuk bertanam khususnya tanaman hias.
   Menanam dengan kertas bekas juga cukup efektif bagi tanaman dalam ruang karena tidak membuat kotor. Para pelajar jurusan IPA Geologi sebuah STM Bandar Lampung ini mengumpulkan kertas bekas di sekolah agar bisa dimanfaatkan sebagai pengganti media tanah untuk menanam tanaman khususnya tanaman bunga hias.
   Metode yang ditemukan guru Biologi sekolah ini sekitar empat bulan lalu cukup mudah. Pengolahan limbah kertas diawali dengan proses penanaman kertas dalam air. Kemudian dilanjutkan dengan peleburan kertas yang telah basah hingga halus menyerupai tanah asli.
   Untuk mendapatkan hasil yang maksimal sebagian kertas di giling dengan mesin blender. Proses ini diguna agar limbah kertas bisa lebih padat saat dimasukan ke dalam pot tanaman. Proses terakhir kertas yang telah halus kemudian di peras dan bisa digunakan untuk bercocok tanam sebagai pengganti media tanah.
   Karena mengandung bahan kimia yang cukup berbahaya bagi tubuh manusia, limbah kertas sebaiknya hanya digunakan untuk menanam tanaman yang tidak dapat dikonsumsi. Selain mudah cara pembuatannya cara ini juga nilai sangat efektif untuk jenis tanaman hias dalam ruangan karena tidak menimbulkan debu dan kotor.

0 komentar :

Posting Komentar